Rabu, 10 Oktober 2012

Selamat jalan bayi kecil .. :))

Tanggal 23 Juli 2012 Tepat pukul 13.00 WIB datang seorang ibu dan keluarganya ke klinik Bidan  ..
Nama ibu tersebut aku lupa yang pasti masih muda banget ..
Ibu itu udah ngeluh mules-mules ..
Tapi belum keluar air-air ..
Baru keluar lendir darah aja ..
Langsung kita melakukan pemeriksaan dalam ..
Didapatkan diagnosa kalau ibu itu baru pembukaan 2 ..
Ya masih lama lah buat masuk ke fase aktif..

Lalu ibu bidan ngasih tau soal keadaan ibunya kalau pembukaannya masih 2 ..
Karena takut bete (mungkin) ibu hamil itu minta pulang dulu ..
Nanti kalau udah mules banget baru katanya langsung ke rumah bubid..
Lalu bu bidan menyarankan supaya si ibu cepet dateng lagi kalu udah keluar air-air sama mules banget ..


Nah singkat cerita ..
Tanggal 24 Juli 2012 pukul 10.00 WIB ..
Ibu yang tadi itu dateng ..
Padahal kita semua (bu bidan sama temen aku) udah nunggu dari malem ..
Karena perkiraan malem itu bisa lahiran ..
Saat itu kebetulan ibu bidannya ga ada di klinik..
Soalnya beliau juga bekerja di puskesmas ..
Beliau hanya mengamanatkan untuk melakukan pemeriksaan TTV dan juga pemeriksaan deteksi dini lainnya seperti DJJ (Denyut jantung janin)

Okeh aku sama temen aku langsung periksa tekanan darah,nadi,TFU (Tinggi Fundus Uteri) dan DJJ..
Nah keganjilan dateng pas kita periksa DJJ ..
Waktu terakhir aku periksa pas kemarin itu letak PM (Punctum Maksimum) di Puka (Punggung Kanan)
Ga mungkin donk tiba-tiba berubah posisi ..
Tapi suara DJJ na ga ada ..
Lah ko bisa ..
Ya udah kita muter-muter aja tuh cari-cari DJJ na ..
Tapi ga ketemu ..
Apa aku yang eror apa gimana yah ?
Aku sampe ngerasa jadi orang linglung aja diliatin keluarga pasien nyari-nyai DJJ tu bayi ..
Tapi tetep ga ketemu ..
Ya udah kita mutusin buat nunggu bu bidan ..
Aku mulai parno :(


Selang beberapa menit kemudian si ibu dateng ..
Dia langsung PD (pemeriksaan dalam untuk mengetahu pembukaan) ternyata pembukaanya 8 kalo ga salah ..
Terus kita bilang kalau kita belum periksa DJJ soalnya ga ketemu ..
Dan ternyata bu bidan pun sama tidak menemukan yang dicari ..
Humpp ternyata feeling aku bener kan ? :'(

Harus diingat jika pemriksaan DJJ negaif itu sangat bahaya ..
Karena itu tanda bayinya sudah meninggal ..


Ibu bidan langsung was-was ..
Why ?
Ko bisa bayinya meninggal ?
Kita belum bilang sama si ibunya ..
Soalnya harus profesional juga ..
Kita hanya ngasih tau suaminya aja sama keluarganya kalau ada dugaan bayi Ibu tersebut sudah tiada ..
Innalilahi ,, :(

Pertanyaannya kenapa bayinya bisa meninggal ?
Ternyata si ibu pada saat magrib (tanggal 23 Juli 2012 sekitar pukul 18.00 wib) ketubannya sudah pecah ..
Ya ada kemungkinan si ibu mengaalami KPD (Ketuban Pecah Dini) ..
Hmmm mungkin sudah jalannya ..

Yang paling menyedihkan itu saat bayi udah lahir si ibu langsung nangis histeris ..
Ya Allah di situ aku ga tega ..
Pengen banget rasanya nangis ..
Ya, tapi kita sebagai seorang bidan harus profesional..
Kita jangan terbawa suasana terus ikytan nangis..
Tapi harus ngasih dorongan semangat dan dukungan sayang ibu ..


Kasihan memang ..
Tapi itu sudah jalan dari Allah ..

Buat pelajaran aja ..
Buat ibu-ibu yang lagi hamil ..
Inget harus tau tanda-tanda bahaya buat kehamilan dan persalinan..
Supaya bisa cepat mengabil tindakan ..
Biar ibu dan bayi selamat serta sehat :)

Buat suaminya ..
Harus tetep semangat buat nagsih dukungan buat istrinya yahh..
Semangat deh buat ibu tersebut .. ((`,`)9


Good bye baby..
You are sweet baby ,, :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAPAN HAMIL ?

Yups, sesuai sama judulnya . Pasti udah pada tau saya mau bahas apa. Kenapa yah hidup saya selalu aja di kepoin orang terus? Sebenernya sa...